Gaul Student : Seputar OSN, Seputar UN, Kisi-kisi, Bentuk Soal, Bank Soal,Kumpulan Soal, Cara Belajar,Info Pelajar,SD,SMP,SMA,SMK,SMU

Cara Mendaftar Bidik Misi 2016 Di 4 Jalur

Cara Mendaftar Bidik Misi 2016 Di 4 Jalur

Hai,Apa kabar sahabat gaul student? Tentu baik donk. Baiklah Pada artikel kali ini, saya selaku admin Blog Gaulstudent akan membahas Cara Mendaftar Bidik Misi 2016 Di 4 Jalur dan mungkin akan berlaku hingga pendaftaran bidik misi 2017,2018,2019 atau bahkan tahun 2020.


Berikut cara nya!





Cara Mendaftar Bidik Misi 2016 Di 4 Jalur



1. Pendaftaran Bidik Misi melalui SNMPTN 2016

-Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi ke bidikmisi.dikti.go.id dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 2 bagian F) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.


- Ditjen dikti memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.


- Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui website bidikmisi.dikti.go.id, menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.


- Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing masing siswa yang sudah direkomendasikan.


- Siswa mendaftar melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.




2. Pendaftaran Bidik Misi melalui SBMPTN 2016

- Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.


- Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id.


- Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2016 melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id, tanpa harus membayar biaya seleksi.


- Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2016, dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN 2016 tanpa harus membayar biaya seleksi.


- Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.




3. Pendaftaran melalui PMDK-PN 2016

- SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI yang ada di luar negeri.


- Sekolah terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2016


- Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2016.


- Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).


- Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.


- Memiliki prestasi akademik di sekolah setiap semester.




4. Pendaftaran melalui seleksi mandiri PTN dan PTS

- Persyaratan pendaftaran sesuai dengan aturan PTN atau PTS masing-masing dengan cara mengunjungi situs web universitas tersebut.



Itulah cara mendaftar bidik misi yang saya bagikan kali ini pada sahabat semua, semoga bermanfaat!















































Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar